5 Hari Jelajah Singapura - Kuala Lumpur [Day 1]

6:00 AM

5 Hari Jelajah Singapura - Kuala Lumpur, Cerita ini berawal dari tahun sebelumnya, Mei 2014 saat itu ada promo penerbangan murah dari maskapai Air Asia. Wanda mengajak saya dan rendy itu melakukan perjalanan ini hanya membeli tiket senilai IDR500.000, untuk penerbangan Jakarta - Singapura dan Kuala Lumpur - Jakarta. Tiket yang dibeli adalah tiket gratis, bernilai IDR0, hanya saja harus tetap membayar pajak, itu sebabnya muncullah nilai sebesar itu. Dan akhirnya tanggal itu datang 4 – 8 februari 2015.

Bandara Soekarno Hatta Rendy - Wanda - Yuha

Hari Pertama Jelajah Singapura - Kuala Lumpur, Saya sudah bersiap di Bandara Soekarno Hatta sejak pukul 04:00pm karena jadwal penerbangan menuju Changi pada pukul 06:00pm. Setelah check-in dan membicarakan semuanya dan kita masuk melewati proses imigrasi. Untuk imigrasi di Indonesia tidaklah sulit (jangan lupa bawa pena), dengan mudahnya dan tanpa banyak pertanyaan langsung lewat. Hambatan kecil mulai muncul saat proses boarding pass, dimana tas diperiksa dengan detail. Dapatlah minuman kemasan botol di tas rendy, milo kemasan kaleng di tas wanda dan susu beruang kaleng di tas saya. “Ini tidak boleh dibawa ya mas”, katanya dengan alat metal detektornya. Sedikit bernegosiasi untuk tidak membuang ini tetapi akan saya habiskan di ruang tunggu, dan di izinkan. Saya dan rendy menghabiskan minuman saya, dan wanda ternyata bocah ini menyimpan milo-nya kembali.

Paspor dan boarding pass ticket cgk-sin

Ini memang hal sepele menurut kita, padahal sudah ada aturannya. Kali ini saya memberi logikanya berdasarkan pengalaman saya naik pesawat terbang. Aturanya, kita dilarang membawa cairan diatas 100ml dalam satu kemasan. Jadi, jika trip dengan pesawat terbang, bawalah shampoo saset, body losion ukuran kecil dan semua kemasan cair ukuran kecil, jika tidak akan disita. “disita bukan kata yang menakutkan”, melainkan jika tidak benda itu akan meledak saat ada di ketinggian. Saya menguji cobanya dengan botol minuman yang saya pegang dengan saya isi cairan 280ml pada kemasan 330ml. Alahasil, botol lock and lock saya tutupnya terlontar sendiri saat pesawat berada diketinggan. Jadi, jangan bawa cairan lebih dari 100ml di pesawat, atau benda itu akan meledak.

Berangkat menuju sin dengan Airasia Airbus A360

Dan, tibalah di changi air port pukul 08:00pm, imigrasinya sangat jauh, harus naik sky train dari terminal 1 ke terminal 3. Disini, diterminal 3 bisa didapatkan peta singapura sebagai petunjuk jalan nantinya. Kemudian perjalanan meuju bugis stasion melalui jalur hijau.
09:00pm, sampailah saya di penginapan, food prints hostel dikawasan Little india dengan tarif IDR206.000/malam. Hostel, tempat menginapan seperti barak klo di Indonesia. 1 room berisi 16 bed, Wow sekali dan campur lelaki dan perempuan. Wow sekali, satu ruangan dengan perempuan dan lelaki dan berbeda suku bangsa. Pembacaraan sederhana malam itu mendapatkan teman dari Denmark, Amerika dengan darah Korea, india, dan Cina. Ini yang tidak di dapat di hotel, ngobrol dengan orang asing. Tips selanjutnya, bawalah gembok locker, karena hostel hanya menyediakan locker, tidak dengan gemboknya. Bisa saja membeli di market, tetapi sangat mahal sebaiknya bawalah dari negara asal.

Makan malam di food prints hostel - Singapore

Makan malam pertama ini masih dengan menu Indonesia, pop mie dan manisan jambu biji yang saya bawa dari Medan. Minumnya? ini yang special dari singapura, air keran mereka standart air minum. Jadi minum saja langusung dari keran, awal terasa lucu. Tetapi lama-kelamaan terbiasa, karena harga aqua disini sangat mahal $2, satu botol kecil artinya IDR22.000. Berjalan berkeliling sejenak kemudian dilanjutkan diskusi untuk persiapan perjalanan keesokan harinya. 01:00am, istirahatlah saya setelah sebelumnya membersihkan diri.