Mie Sop Coco Medan : Enak, Tapi Halal Tidak Ya?

2:48 PM

Mie Sop Coco Medan : Enak, Tapi Halal Tidak Ya? | Aku sengaja menahan laparku Senin siang ini, karena sebuah frasa Latin mengatakan “Cibi condimentum est fames”- Rasa lapar adalah bumbu setiap hidangan. Aku menemukan kata frasa ini disebuah blog yang sedang mengulas cerita tentang makanan. Aku sengaja menahan rasa lapar ini bukan karena untuk membuat bumbu untuk makan siang, tetapi karena aku benar-benar sedang sangat sibuk. I’m a workaholic.

Siang itu, siang Senin pertama aku kembali menginjak Medan, setelah kurang lebih setengah bulan merasakan siang di negeri bertuah, Riau. Negeri yang kaya akan sumber daya alam dari bawah tanah dan atas tanahnya yang menghasilkan minyak bumi dari bawah tanah dan minyak nabati olahan sawit dari atas tanahnya. Ini membuat negeri ini terasa sangat panas.

Tiga kata untuk Riau, Minyak, Sawit dan Panas.

Mengapa aku malah jadi bercerita tentang Riau. Padahal seharusnya membicarakan Mie Sop Bakso.

Mie Sop Bakso Ayam
Mie Sop Bakso Ayam - Mie Sop Coco
Mie Sop Bakso, makanan paling mainstream se-Indomesia. Makanan yang pasti bisa kamu temukan disegala pelosok negeri ini. Makanan yang kamu makan ketika kamu SD, SMP, SMA, Kuliah, ketika kamu pacaran, ketika Ayah dan Ibumu keluar untuk makan bersama, ketika Nenek mengajakmu makan bersama, iya Mie Sop. Makanan segala zaman dan segala usia.

Mie Sop selalu aku ingat ketika hujan. Hujan, otomatis langsung pengen makan mie sop. Jangan kaya mereka yang jomblo itu, lihat hujan galau atau lansung ingat mantan. Kamu tahu, hujan diturukan Tuhan bukan untuk mengingat mantanmu, tapi bukan juga untuk membuat pengen makan bakso.

Aku sudah berjanji kepada mbak Olive akan datang ke tempatnya Jam 12:00 siang. Dan ternyata, jam 1 siang aku masih saja duduk di meja kerja dengan segala laporan yang masih di kerjakan. Hingga jam 3 sore, dimana aku merasa aku harus bergerak menuju Jalan Orion, Medan. Tempat dimana aku harus bertemu dengannya untuk makan. Aku sudah sangat lapar.

Belum pernah bertemu langsung dengan mbak Olive, aku hanya mengenalnya lewat akun instagram official usahanya. Aku tak tau bagaimana cantiknya dia, berapa umurnya dan apakah dia sudah punya pacar. Aku hanya berfikir dia cewek Batak, Olive. Secara aku sangat tertarik dengan cewek Batak, membayangkan akan makan bersama dengan cewek Batak pasti seru, tertawa, dengan segala tingkah romantis ala Batak yang tanpa basa-basi. Tapi selalu sulit buat aku untuk mendapatkan cewek Batak, ada aja hambatannya. Kalaupun ada cewek Batak selalu saja “tar ito” istilah untuk saudara semarga. Aku Simbolon, Parna. Banyak turunan saudara dari Parna ini, sesama Parna itu saudara. Yang secara adat membuat tidak dapat menikah. Mungkin aku tidak ditakdirkan dengan cewek Batak, kalau ada cewek Batak dan bukan Parna, komen please… Mungkin engkaulah takdirku. *ngarep*

Aku : Mbak, saya mau ketemu Olive.
Mbaknya : Yang itu bang yang duduk disana.

Suasana dalam warung - Mie Sop Coco
Suasana dalam warung - Mie Sop Coco
Ternyata Olive adalah cici cantik yang kelihatan seperti angkatan kelahiran 1985an yang sedang mengandung dan sudah memliki anak. Supermom sekali, semoga dia mejadi ibu muda yang sudah sukses dengan usahanya sebelum umurnya 40 tahun. Gimana enggak aku bilang kaya gitu, sekarang aja dia udah punya 2 cabang Mie Sop Coco, yang satunya udah jalan tiga tahun di Jalan Kalimantan, yang ini baru buka di Jalan Orion. Dan mungkin kedepannya, akan ada di depan rumah kamu. Tunggu saja.

Kapan makannya? Udah lapar!!!

Semangkuk Mie Sop Coco Bakso Ayam pun datang tepat saat bumbu lapar berada di puncaknya. Mana saus, kecap, dan sambel. Menu pelengkap wajib mie sop itu entah mengapa tidak ada di meja ini. Kata cici Olive, saosnya di pinjam tetangga tadi sebelah beli dan sausnya dibawa (kaya punya dia aja). Karena sudah lapar++, lansung saja hajar tanpa saus kecap dan sambal. Eh, kok udah enak? Dan setelah beberapa suapan kuah, aku merasa tidak perlu ada sedikitpun saus, kecap dan sambal di mangkuk ini. Rasanya sudah pas.

Saat aku memakan mie kuningnya, seperti sudah sangat kembang karena aku terlalu membiarnyakan berendam di dalam kuah saat berusaha mendapatkan gambar terbaik. Ternyata tidak, memang sedikit gemuk, tetapi masih tetap kenyal dan lembut, masih enaklah. Aku langsung menebak ini mie merk apa ya, pasti ini mie mahal. Dan ternyata ini mie spesial dipesan dari pembuatnya untuk warung ini, tidak buatan sendiri dan tidak bermerk.

Mie Sop ini terlihat biasa saja, tak ada yang berbeda dengan mie sop lainnya. Jangan membayangkan akan mendapati tampilan yang berbeda, karena ini mie sop, jika ingin berbeda cobalah pesan burger atau pizza. Jelas dia sangat berbeda.

Menikmati perut penuh yang sudah kenyang sambil berbincang dengan cici Olive, aku memcoba bertanya kepadanya secara detail tentang bagaimana cara pandang dia tentang makanan Halal. Bagaimana cara dia membuat makanan halal, karena jelas saja ini akan menjadi ke khawatiranku karena aku Muslim. Kebanyakan yang makan di warung mie sop ini ada chinese yang bukan muslim, jelas dong aku khawatir.

Saya tidak makan babi disini (warung mie sop coco), dan saya melarang pegawai saya makan babi disini. Beberapa pegawai saya memang non muslim, jika mereka ingin makan babi boleh saja, tetapi tidak di disini, apa lagi di dapur saya. Semua menu asli dari ayam dan tanpa MSG. Saya juga mempekerjakan pemasak orang muslim (aku sempat melihat salah seorang karyawannya memakai jilbab), sebab saya suka mereka karena bersih dan sangat menjaga kebersihan masakan. Makanan dan dapur yang bersih menjadi prioritas bagi saya, begitulah katanya.

Tahu Balik Ayam - Mie Sop Coco
Tahu Balik Ayam - Mie Sop Coco
Sambil ngobrol, seporsi tahu balik ayam terhidang tepat di hadapanku. Aku tak selera lagi untuk menikmatinya, karena sudah dingin. Jangankan memakannya, untuk memfotonya saja tidak selera. Dan itu aku sampaikan ke cici Olive. Sambil berbincang, tanganku secara tidak terkontrol mengambil sepotong tahu balik dan memasukannya ke dalam mulutku. Jleeeb…, loh kok masih enak ya? Padahal sudah dingin. Isi tahu balik ini begitu terasa, digigitan pertama asin-asin ayamnya itu sangat memanjakan lidah. Tidak terbayang bagaimana nikmatnya tahu balik ini saat masih hangat. Dinginya aja enak apa lagi saat hangat.

Owner Mie Sop Coco - Cici Olive
Owner Mie Sop Coco - Cici Olive
Perut sudah kenyang dengan Mie Sop Bakso Ayam dan Tahu Balik Ayam, saatnya untuk pulang.
Dan seperti kata yang selalu disampaikan orang tua terdahulu dalam penutupan sebuah acara, waktu jualah yang memisahkan kita. Karena sudah sore, dan aku harus mengantarkan penulis blog www.diarykhansa.com partner makanku Funy Alfiani menemui monster berbaju putih dengan dengan bor kecilnya yang siap menghancurkan gigimu.

Mie Sop Coco :
Kontak : 061-4570572 - +6285100595546
Instagram : @MieSopCoco

Jl. Kalimantan No. 21A Medan
Senin - Sabtu Pukul 08.00 - 18.00, Minggu Pukul 08.00 - 18.00 WIB

Jl. Orion No. 53 Medan
Buka setiap hari Pukul 10.00 - 21.00  WIB

You Might Also Like

14 komentar

Comments
14 Comments
  1. Replies
    1. Enak itu adalah kata yang akan keluar setelah kamu mencobanya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Yuk, Muhammad Arya. Kita makan-makan di tempat enak :D

      Delete
  3. Sedapnyaaa ! Jadi penasaran dengan rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada kakak Molly. Rasanya gak bikin penasaran kok kak, cuma bikin pengen balik lagi aja :)

      Delete
  4. Halooo semuanya.... Salam kenal ya semua..... Nah jawaban kami itu "HALAL DONK" cuma berhubung kami pemain baru, maka blm urus Izin Halal.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera di urus perizinannya ya ci Olive :)

      Delete
  5. Halooo semuanya.... Salam kenal ya semua..... Nah jawaban kami itu "HALAL DONK" cuma berhubung kami pemain baru, maka blm urus Izin Halal.... ^_^

    ReplyDelete
  6. keren nih tampilan barunya blog abangda yuha. mungkin efek uda terlalu lama ngak mengunjungi blog ini yak,haha.. kapan nih mampir ke seafood2000?wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gitu lah lama gak mampir. Ke sea food 2000, segera bang. Ajak pasukan dulu ya.

      Delete
  7. Makanan kesukaan kami semua.. Mi sop... ����

    ReplyDelete
  8. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    ReplyDelete
  9. I am very thankful to you that you have shared this information with us. I got some different kind of knowledge from your web page, and it is really helpful for everyone. Thanks for share it. Read more info about brazil chicken suppliers

    ReplyDelete