5 Hari Jelajah Singapura - Kuala Lumpur [Day 5]

6:00 AM

Hari Kelima Jelajah Singapura - Kuala Lumpur, bangun pagi yang segar 06:00am waktu Kuala Lumpur. Rasanya pagi ini sangat senang karena malamnya tidur di kasur empuk, bukan di kereta seperti malam sebelumnya. Sekali lagi, puas-puasin satapan di hostel. Karena perjalanan akan butuh banyak tenaga. Karena hari ini kita check out, sejak pagi kita sudah infokan akan check out tetapi kita titipkan tas, karena tas akan diambil disore hari nantinya. Bawa saja day pack kecil untuk berkeliling.

Break Fast at Fernloft - KL
Pagi ini agak santai, tidak terburu-buru seperti sebelumnya. Bukan karena tidak sayang dengan waktu melainkan karena sudah mulai lelah. Memberikan waktu istirahat bersantai1-2 jam dipagi hari ini saya rasa bisa membuat kondisi badan enak untuk dibawa bertualang kembali sampai malam nantinya.

10:00am, berangkatlah ke batu cave. Lokasi wisata gua dan patung murugan (dewa hindu tamil) yang tertinggi didunia. Di batu cave, kita tidak seperti berada di Kuala Lumpur, melainkan di India. Hampir semua orang yang ada disini berdarah India, bahkan bahasanya juga Bahasa India, hal ini menyulitkan komunikasi wisatawan seperti saya. Sempat saya bertanya ke beberapa orang, tapi tidak mengerti dengan bahasa inggris, setelah bertanya pada orang ketiga, akhirnya dia bisa Bahasa Melayu. Terbayang oleh saya bagaimana sulitnya komunikasi jika nantinya wisata ke india.

Batu Cave - Kuala Lumpur
Disini juga terdapat goa kalilawar yang diberi nama Dark Cave, dimana saya sangat ingin menjelajah goa ini. Tetapi waktu tidak mencukupi. Saya hanya berfoto saja di mulut goa.

Dark Cave - Batu cave Kuala Lumpur
Siang harinya, saya harus mengesahkan perjalanan ke Kuala Lumpur, yaitu photo di petronas tower. Kurang kerjaan sih siang hari yang terik photo di petronas tower, tapi waktu tidak banyak. Semua harus dilakukan sesuai dengan perencaan wisata, karena telah sepakat menuliskan perencanaan ke petronas tower disiang hari, tak pernarnah terbayangkan akan sepanas ini, untungnya saja di taman ini banyak pohon untuk berdeduh. Jika ke petronas tower siang hari, jangan lupa bawa payung dan gunakan sunblock.

Petronas Tower - Kuala Lumpur
Setelahnya, melakukan ritual perjalanan yaitu membeli oleh-oleh. Kita langsung menuju  pasar raya wan lee heng yang ada di daerah choukit chou. Klo di Indonesia ini adalah grosirnya, jadi disini belanja sangat murah. Setelah berbelanja coklat disini yang saya kira-kira saya beli coklah sampai lebih dari 5KG, kemudian ke pasar seni yang ada didepan penginapan untuk membeli pernak-pernik lainnya seperti gantungan kunci dan baju kaos.

Pasar Raya Wan Lee Heng - Keala Lumpur
Pukul 06:00pm saya sudah berada di KLC setelah dari hostel untuk berbenah, karena pesawat penerbangan yang saya ambil pukul 09:00pm. Sialnya karena terlalu banyak belanja oleh-oleh, kita kehabisan mata uang ringgit sehingga tidak dapat membeli tiket kereta pulang. Sempat panik, tetapi ternyata stasiun mempunyai fasilitas pembayaran dengan visa. Tips dari saya, jika melakukan perjalanan keluar negri kita harus memiliki visa card atau master card untuk mempermudah pembayaran secara e-money.

KLIA2, itu terminal yang saya gunakan. Karena tidak sempat lagi makan malam, kita beli roti dan susu di seven eleven yang ada di KLIA2. Makan kemudian berdiskusi sejenak dan saya melakukan perjalanan terlebih dahulu untuk flight ke medan. Sementara Wanda dan Rendy flight ke Jakarta satu jam setelah perjalanan saya.

10:30pm, saya tiba dirumah. Tau apa yang saya rasakan? Rasanya semangkin cinta dengan Indonesia, dimana di negara ini rasanya sangat nyaman, makanannya enak, suasananya juga tidak riweh. Satu yang saya rindukan yaitu kasur kamar, guling dan batalnya.

Yuha, Wanda, Rendy (team) - Batu cave Kuala Lumpur

Yuha, Rendy, Wanda (team) - US Singapore
Saya sangat mengagumi negara singapura, dimana negara maju ini penduduknya sudah memiliki SDM yang tinggi, kesadaran taat akan aturan, menghormati, menjaga lingkungan dan sedikitnya tindak criminal. Kuala lumpur, saya rasa masih tidak jauh berbeda dengan Indonesia, seperti kota Jakarta, jika pernah ke Jakarta makan hamper seperti itulah kuala lumpur.

Aku cinta Indonesia.

Next >> [Day 1] 5 Hari Jelajah Singapura - KualaLumpur
Next >> [Day 2] 5 Hari Jelajah Singapura - KualaLumpur
Next >> [Day 3] 5 Hari Jelajah Singapura - KualaLumpur
Next >> [Day 4] 5 Hari Jelajah Singapura - KualaLumpur

Tau berapa dana yang saya habiskan?

Perhitungan biaya pengeluaran Singapore - Kuala Lumpur Trip

Day 1

Pajak bandara Soekarno Hatta.................. Rp150.000

Hostel di Singapore........................... Rp502.000

--------------------------------------------------------  +

Tiket SMRT 1x perjalanan...................... S$2.20
--------------------------------------------------------- + x 1 S$ =Rp9800
Total pengeluaran Hari-1...................... Rp673.560

Day 2
Tourist Pass untuk 2 Hari..................... S$16
Deposit Tourist Pass ......................... S$10
Tiket Universal Studio Singapore.............. S$67
Tarif Bus RWS8................................ S$2
Makan malam di Marina Bay Sands foodcourt .... S$10
--------------------------------------------------- + x 1 S$ =Rp9800
Total pengeluaran Hari-2.......................Rp1.029.000

Day 3
Tiket Garden by the bay....................... S$25
Makanan kecil untuk cemilan dikereta.......... RM10
---------------------------------------------------- + x1 RM =Rp3800
Total pengeluaran Hari-3...................... Rp422.400

Day 4
Penitipan tas di KL Sentral................... RM5
Hostel di Malaysia............................ Rp80.000
----------------------------------------------------- +
Total pengeluaran Hari-4.......................Rp421.240

Day 5
Tiket Line dari Pasar Seni ke KLCC............ RM1.60
------------------------------------------------------ + x1 RM =Rp3800
Total pengeluaran Hari-5...................... Rp143.260

Total Hari ke 1 - 5........................... Rp2.689.460

Harga di atas merupakan  rencana biaya yang akan digunakan, pada pengaplikasikasiannya saya hanya menghabiskan IDR2.600.000 beserta dengan oleh-oleh, jadi total dari biaya perjalana ini adalah senilai IDR3.100.000 karena ditambahkan dengan harga tiket.